Senin, 22 Juni 2009

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ELPIJI PADA PT RACHMAT AND FAMILY DI BANDAR LAMPUNG




Universitas Lampung


ABSTRAK :
PT Rachmat and Family merupakan salah satu agen yang ditunjuk PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran II melalui PT Masulaagung Garbhamas untuk memasarkan gas di wilayah Bandar lampung. Masalah yang dihadapi PT Rachmat and Family adalah bahwa selama tahun 2001-2004 pangsa pasar yang dapat diraih rata-rata sebesar 4,56 persen per tahun dengan kecenderungan menurun setiap tahunnya. Selain faktor ekstern (antara lain inflasi, jumlah pasokan gas, pendapatan perkapita), kondisi ini juga disebabkan oleh faktor intern diantaranya strategi bauran pemasaran yang dijalankan perusahaan. Biaya distribusi menunjukkan peningkatan rata-rata
1,33 persen sedangkan biaya promosi mengalami penurunan 1,64 persen percaturwulan, sementara harga jual meningkat rata 5,28 persen percatur- wulan. Permasalahan yang dirumuskan dalam penuli- san tesis ini apakah apakah strategi pemasaran yang dijalankan PT Rachmat and Family dalam meningkatkan volume Sophan Syaifiul penjualan gas dipengaruhi oleh faktor faktor harga jual, biaya distribusi dan biaya promosi..
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor harga jual, biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan gas yang dijalankan PT Rachmat and Family dalam upaya melaksanakan strategi pemasarannya. Hipotesis yang diajukan adalah volume penjualan gas elpiji yang dijalankan PT Rachmat and Family dipengaruhi oleh faktor harga jual, biaya distribusi dan
biaya promosi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil penelitian dikatahui volume penjualan gas elpiji yang dijalankan PT Rachmat and Family dipengaruhi oleh faktor harga jual, biaya distribusi dan biaya promosi,
sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini diketahui dari hasil Uji F dimana nilai F hitung (44,131) > F tabel (4,07) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti secara keseluruhan harga jual, biaya distribusi, dan biaya promosi berpengaruh nyata terhadap volume penjualan gas elpiji pada PT Rachmat And Family pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan nilaiR-Square sebesar 0,943 maka besarnya sumbangan harga jual, biaya distribusi, dan biaya promosi terhadap volume penjualan gas elpiji pada PT Rachmat and Family adalah sebesar 94,30 persen sedangkan sisanya 5,70 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Tingkat elastistas terbesar ada pada biaya promosi sebesar 0,459 diikuti biaya distribusi 0,357,
sedangkan harga jual negatf sebesar -0,727.

Keywords: STRATEGI PEMASARAN
Subject: PEMASARAN
Call Number: 380.1 Sya a C.1

digilib.unila.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar